vida's Blog

Just another WordPress.com site

SSH dan Cara Membuat IP Address Permanen Pada Linux January 16, 2013

Filed under: Uncategorized — javidahana @ 12:22 am

Saya akan membahas tentang SSH dan membuat IP Address permanen pada Linux. Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Untuk membuat SSH dan IP Address disini menggunakan VMware. VMware  merupakan aplikasi Virtual Mesin yang maksudnya dapat menciptakan PC di dalam suatu Operating System (Windows/Linux) seandainya mau mencoba menginstall linux akan tetapi tidak ingin mengubah configurasi system.

Untuk mengkoneksikan antar komputer dengan menggunakan SSH, langkah yang pertama adalah login ke sistem sebagai root kemudian setting IP Address dan Subnet Mask. Syntax setting IP Address pada Linux adalah #ifconfig <interface> <ipaddress> netmask <netmask> kemudian ketikkan ifconfig eth0 192.168.100.150 netmask 255.255.255.0 untuk komputer pertama, sedangkan untuk komputer kedua ifconfig eth1 192.168.100.160 netmask 255.255.255.0

5 6

Langkah yang kedua adalah mengkoneksikan komputer pertama dengan kedua. Pada komputer pertama ketik perintah ssh –l root 192.168.100.160. Tunggu beberapa saat kemudian ketik ‘yes’ dan isi password komputer kedua, jika password yang dimasukan benar maka nanti akan masuk ke folder root komputer kedua yang berarti koneksi telah berhasil.

7

Langkah yang ketiga adalah melakukan tes untuk kedua komputer supaya dapat mensharing data. Buat folder jarkomlan di komputer kedua dengan perintah mkdir jarkomlan. Setelah itu cek apakah folder sudah dibuat atau belum dengan perintah dir.

8

Langkah yang keempat adalah membuat sebuah file.txt pada folder jarkomlan dengan perintah vi jarkomlah.txt kemudian akan muncul editor pada Linux.

9

Tekan tombol i jika ingin menulis teks pada editor. Jika sudah disave kemudian exit dengan menekan tombol Esc dan ketikkan perintah :wq kemudian Enter.

10

Untuk memutuskan koneksi dengan komputer kedua ketikkan perintah exit.

11

Untuk membuat IP Static menjadi permanen pada Linux, caranya adalah login ke sistem sebagai root kemudian ketikkan perintah vim /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth0:0b.

12

Setelah muncul editor seperti tampilan di bawah ini pada BOOTPROTO ubah menjadi static kemudian save dengan menekan tombol Esc dan ketikkan perintah :wq kemudian Enter.

13

Untuk mengecek apakah pembuatan IP permanen sudah berhasil atau belum ketikkan perintah service network restart. Linux akan merestart network, jika proses telah selesai gunakan perintah ifconfig. Jika IP Addressnya sudah terisi maka pembuatan IP address permanen telah berhasil.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.